Sebenarnya apa itu generator

Genset identik dengan generator. Fungsi instrumen ini adalah untuk menghasilkan atau menghidupkan listrik ketika sistem kelistrikan dari Perusahaan Listrik Nasional terganggu dan rusak. Instrumen untuk menyalakan generator ini adalah diesel yang sumber energinya bisa berupa air atau angin.


Ketika membeli dan memilih generator, harus diingat bahwa selalu memenuhi persyaratan kinerja yang disyaratkan. Secara umum, persyaratan ini tidak jauh berbeda dengan pasokan yang disediakan oleh PLN. Kemudian tentukan juga apakah generator akan digunakan untuk memasok semua jenis daya atau hanya beberapa diagram. Jika tidak sepenuhnya digunakan, juga menunjukkan persentase penggunaan instrumen.

Jika Anda bingung menentukan persentase, berikut ini contoh yang mudah dipahami. Misalnya, di pembangkit listrik perumahan yang beroperasi pada 4.400 watt PLN dan membutuhkan generator yang digunakan untuk memberi daya pada semua jenis listrik.

Jadi kita secara otomatis membutuhkan generator dengan daya yang sama. Ini tidak mutlak. Anda dapat memilih generator yang dimensi dayanya bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari daya listrik. Karena hampir mustahil untuk menggunakan kekuatan penuh 4.400 secara bersamaan.

Seperti dicatat oleh teknisi, banyak pengguna generator tidak mengerti arti KVA atau kilovolt ampere. Banyak yang menganggap KVA sebagai seribu watt. Dan kebenarannya adalah bahwa satu KVA sama dengan delapan ratus watt atau 0,8 KW. Jadi jika Anda membutuhkan daya listrik 4.400 watt, cari generator dengan kekuatan lima setengah atau 5,5 KVA.

Karena itu, seperti dijelaskan oleh para teknisi, seringkali perlu untuk memeriksa perawatan pemeliharaan generator rumah tangga dengan minyak. Jika fluida lebih rendah, dapat menyebabkan kematian dan merusak mesin.

Secara umum, generator, yang merupakan produk baru, memiliki sensor yang menunjukkan sisa kandungan minyak atau volume yang tersisa. Kemudian mesin dapat mati secara otomatis ketika oli telah berkurang. Namun, perlu untuk memeriksa level oli dan menggantinya secara teratur. Biasanya, penggantian oli ini dilakukan setelah sekitar lima atau seribu jam penggunaan.

Suplai oli tidak boleh dilakukan saat mesin berjalan. Dan bahkan jika itu mati, Anda harus menunggu sampai mesin menjadi dingin. Proses pendinginan pada mesin ini memakan waktu sekitar lima belas menit. Setelah itu minyak atau bahan bakar baru bisa diisi.

Jangan terlalu membebani motor jika beban terlalu tinggi untuk membuat mesin lebih awet dan tahan lama. eragenset ini menjadi kebiasaan, terutama jika tidak dilakukan secara langsung dan bertahap, AVR atau komponen-komponen pengatur tegangan otomatis di mesin dapat rusak dengan cepat. Jadi jika Anda ingin tumbuh dewasa, Anda harus melakukannya langkah demi langkah.

Untuk generator baru yang dilengkapi dengan sistem kehidupan motor listrik, alat ini harus sering diaktifkan untuk mengisi daya menggunakan sistem otomatis. Jika mesin telah digunakan dalam waktu yang lama, baterai mungkin menjadi lemah, dan jika ini dibiarkan berlanjut, starter listrik mungkin rusak dan tidak berfungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *